naturindonesia.com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size

7 Tips bepergian untuk penderita diabetes

 

Dun Afrika Selatan

tips diabetesBepergian dan bertualang selalu menyenangkan. Meski begitu, perbedaan jam, cuaca, temperatur, serta makanan di perjalanan bisa mempengaruhi kesehatan. Hal tersebut bisa berimbas sangat besar bagi para penderita diabetes. Untuk itu, sebaiknya sebelum melakukan perjalanan, penderita diabetes mengetahui beberapa tips yang diberikan oleh ahli diet dan diabetes Sunita Pathania, melalui Health Me Up (03/01) berikut ini.

1. Rencanakan dengan matang
Merencanakan perjalanan dengan matang sangat penting sebelum berangkat. Merencanakan perjalanan termasuk juga merencanakan tempat yang akan dikunjungi, waktu, serta makanan yang akan dimakan. Jika tak ingin diabetes menghalangi Anda, maka rencanakan dengan matang sehingga gula darah Anda tetap stabil selama perjalanan.

2. Kunjungi dokter
Sebelum melakukan perjalanan, berkonsultasilah dulu pada dokter. Cek kesehatan Anda dan jadwalkan jam makan, obat-obatan yang harus dibawa, serta makanan yang Anda konsumsi selama perjalanan. Pastikan Anda membawa semua keperluan pengobatan dan komposisi makanan yang dianjurkan oleh dokter.

3. Bagaimana jika Anda sakit?
Sebelum berangkat, tanyakan kemungkinan ini pada dokter. Misalkan jika Anda khawatir mengalami mabuk darat saat di perjalanan. Sediakan jus yang mengandung banyak karbohidrat untuk menemani perjalanan Anda. Jika Anda merasa sakit di perjalanan, sebaiknya tes tingkat gula darah Anda setiap dua - empat jam sekali, konsumsi obat diabetes Anda, minum air yang tidak mengandung pemanis, hindari makanan atau minuman yang mengandung kafein, serta konsumsi setidaknya 15 gram karbohidrat setiap jam. Jika sakit semakin parah, segera hubungi dokter.

4. Identifikasi
Gunakan tanda pengenal yang menunjukkan Anda memiliki diabetes, misalkan gelang atau kalung. Hal ini memudahkan orang lain untuk mengenali Anda memiliki diabetes.

5. Asuransi kesehatan
Penderita diabetes bisa mengalami masalah kesehatan selama perjalanan. Jadi, tak ada salahnya Anda mendaftarkan diri untuk asuransi kesehatan. Baca dengan teliti ketentuan asuransi. Jika cocok dan bisa menjamin keselamatan Anda selama perjalanan, Anda bisa menyetujuinya.

6. Berkemas-kemas
Pertama, pastikan Anda membawa obat-obatan ekstra saat perjalanan. Letakkan obat Anda di lebih dari satu tas untuk menghindari masalah jika terjadi kehilangan tas saat di perjalanan. Selain itu, jangan lupa membawa hal penting lainnya seperti air minum, obat untuk diare dan muntah, serta sepatu yang nyaman.

7. Makanan
Bawa makanan yang rendah kalori untuk menghindari peningkatan gula darah selama perjalanan. Siapkan dosis insulin sesuai jadwal dan jangan lupa menggunakannya. Sediakan juga makanan untuk dikonsumsi selama perjalanan, karena Anda tak boleh sampai bepergian dengan perut kosong.

Yang terpenting bagi penderita diabetes adalah untuk menjaga kesehatan serta mempersiapkan obat dan makanan yang diperlukan selama perjalanan. Selamat bepergian.

 

Sumber: merdeka.com

 

 

 

 

Free Logo Maker and Logo Design By LogoSnap.com
Logo Maker
Loading
free counters
Free counters

Website saya nilaiRp 40.88 Juta