naturindonesia.com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size
Baner

Tumor Jantung

  Dun Afrika Selatan

Definisi

Tumor adalah setiap jenis pertumbuhan yang tidak normal, baik bersifat kanker (malignant) atau bukan kanker (benign). Tumor yang dimulai di jantung disebut tumor primer. yang bisa terbentuk di setiap jaringan jantung dan bisa bersifat kanker atau bukan kanker. Tumor jantung primer langka, terjadi kurang dari 1 berbanding 2000 orang. Pada orang dewasa, sekitar setengah dari tumor jantung primer tidak bersifat kanker adalah myxomas. Myxomas biasanya terbentuk di ruang sebelah kiri atas jantung (atrium). Bisa terbentuk dari sel embrio terletak pada lapisan dalam (lining) dari dinding jantung.

Pada bayi dan anak-anak, jenis yang paling sering terjadi dari tumor jantung primer yang bersifat bukan kanker adalah rhabdomyoma. Rhaddomyoma, yang ciri khasnya terjadi dalam kelompok, biasanya bertumbuh dalam dinding jantung dan langsung terbentuk dari sel otot jantung. Rhabdomyomas biasanya terbentuk selama bayi atau masa kanak-kanak, seringkali sebagai bagian dari penyakit langka yang disebut tuberous sclerosis. Kedua paling umum tumor primer yang bersifat bukan kanker pada bayi dan anak-anak adalah fibromas. Fibromas, yang ciri khasnya terjadi sebagai tumor tunggal, biasanya tumbuh pada klep jantung dan terbentuk dari sel jaringan serat jantung.

Beberapa jenis lain dari tumor jantung primer bisa terjadi, tapi semuanya jarang. Beberapa bersifat kanker dan beberapa benign.

 

Penyebab

Tumor yang berasal di beberapa bagian lain dari tubuh-biasanya paru-paru, payudara, darah, atau kulit- dan kemudian menyebar (metastasize) ke jantung disebut tumor sekunder. Selalu bersifat kanker. Tumor jantung sekunder pada jantung adalah 30 sampai 40 kali lebih sering terjadi dibandingkan tumor jantung primer namun tetap tidak sering terjadi. Sekitar 10% orang yang menderita kanker paru-paru atau kanker payudara- kanker kedua yang paling sering terjadi-dan sekitar 75% orang dengan melanoma malignant mengalami metastases ke jantung.

Baik tumor primer dan sekunder bisa terjadi pada kantung yang mengelilingi jantung (pericardium). Tumor pada pericardium bisa menekan (constrict) jantung, mencegahnya untuk pengisian dengan baik. Sakit di dada dan gagal jantung bisa terjadi.

 

Gejala

Tumor jantung bisa terjadi tanpa gejala, gejala minor, atau gejala jantung gagal yang mengancam jiwa, yang serupa dengan gangguan jantung lainnya namun yang terjadi tiba-tiba. Contoh, tumor bisa menyebabkan gagal jantung, detak jantung yang tidak normal (arrhythmias), atau menurunnya tekanan darah disebabkan oleh pendarahan di dalam pericardium. Jantung berbisik terjadi pada sekitar setengah dari orang yang menderita tumor yang terjadi di dekat atau pada katup jantung (seperti myxomas dan fibromas), karena darah tidak mengalir melalui katup secara normal. Tumor yang bersifat bukan kanker bisa mematikan seperti kanker pertama jika mengganggu fungsi jantung.

Tumor jantung, khususnya myxomas, bisa memburuk oleh karena itu potongan-potongan itu bisa patah dan bergerak melewati aliran darah (menjadi emboli). Emboli bisa tinggal di pembuluh kecil dan menyumbat aliran darah. Juga, gumpalan darah yang terbentuk pada permukaan tumor, seprti myxomas, bisa pecah sama dengan emboli dan menyumbat arteri. Gejala tiba-tiba emboli tergantung dimana penggumpalan pergi dan oleh karena itu yang mana jaringan atau organ yang dipengaruhi dengan arteri yang tersumbat.

 

Diagnosa

Tumor jantung primer sulit untuk didiagnosa karena biasanya tidak sering terjadi dan karena gejalanya serupa dengan banyak gangguan jantung lainnya. Dokter dapat menduga tumor jantung primer pada orang yang memiliki jantung berbisik, detak jantung tidak normal, gejala yang tidak jelas pada gagal jantung, atau demam yang tidak jelas (yang bisa mengacu kepada myxoma). Tumor jantung kedua diduga ketika orang memiliki kanker di bagian lain tubuh mengunjungi dokter dengan gejala gagal jantung.

Jika tumor diduga, echocardiography biasanya digunakan untuk menegaskan diagnosa. Untuk prosedur ini, sebuah pemeriksaan yang memancarkan gelombang ‘ultrasonik melewati dada, menghasilkan gambar struktur jantung. Jika penglihatan lain pada jantung dibutuhkan, pemeriksaan bisa dilanjutkan melalui tenggorokan ke dalam kerongkongan untuk merekam sinyal persis dari belakang jantung. Prosedur ini disebut transesophageal echocardiography. Tomography komputer (CT) atau magnetic resonance imaging (MRI) dapat memberikan tambahan informasi. Angiography coronary bisa menghasilkan sebuah garis pada tumor jantung yang bisa dilihat dengan sinar X, tetapi prosedur ini jarang diperlukan.

Bila tumor terdeteksi di bagian samping jantung, contoh kecil bisa diambil untuk diuji di bawah mikroskop (biopsi). Contoh tersebut diambil dengan kateter yang dimasukkan ke dalam pembuluh, biasanya pada kaki, dan diterobos ke arah jantung sesuai prosedur yang disebut cardiac chatheterization. Prosedur ini membantu dokter mengidentifikasi jenis tumor dan menentukan pengobatan yang tepat. Biopsi tumor pada bagian kiri jarang diterapkan, karena resiko prosedur lebih berat dari manfaatnya.

 

Pengobatan

Tumor jantung primer yang bukan kanker kecil bisa diangkat dengan operasi, biasanya berhasil disembuhkan. Jika tumor primer non kanker besar dengan kuat mengurangi aliran darah ke jantung, mengangkat bagian tumor yang tidak tumbuh di dalam dinding jantung bisa mempengaruhi fungsi jantung. Meskipun begitu, jika bagian besar dari dinding jantung terkena, operasi bisa jadi dilakukan.

Pada sekitar setengah dari kelahiran yang mengalami rhabdomyomas yang bersifat bukan kanker, tumor mengecil tanpa pengobatan : dan setengah lainnya, tumor tidak tumbuh lebih besar dan tidak membutuhkan pengobatan. Pada bayi dan anak-anak, fibroma bisa berhasil diangkat jika tidak mempengaruhi dinding antara bilik ajntung (septum). Tumor yang mempengaruhi dinding jantung ini biasanya juga memengaruhi system konduksi listrik pada jantung dan tidak bisa diangkat dengan operasi. Anak yang menderita tumor jenis ini biasanya meninggal pada detak jantung yang tidak normal pada usia dini. Jika fibroma membesar, aliran darah tersumbat, dan berkembang di sekeliling jaringan, transplantasi jantung bisa diperlukan.

Tumor primer yang bersifat kanker tidak dapat diangkat dengan operasi dan biasanya fatal : kemoterapi atau terapi radiasi kadangkala digunakan. Tumor yang tidak bersifat kanker pada pericardium bisa diangkat dengan operasi, tetapi tumor yang bersifat kanker tidak dapat diangkat, bila sudah menyebar d seluruh bagian tubuh. Jika tumor mengeluarkan cairan seiring gerakan jantung, cairan ini bisa dikeringkan dengan pipa plastik kecil yang dimasukkan dengan jarum ke dalam daerah antara pericardium dan jantung (daerah pericardial). Kadangkala obat-obatanb yang disuntikkan ke dalam daerah pericardial untuk memperlambat pertumbuhan tumor.

 

 : medicastore.com

 

Free Logo Maker and Logo Design By LogoSnap.com
Logo Maker
Loading
free counters
Free counters

Website saya nilaiRp 40.88 Juta