naturindonesia.com

  • Increase font size
  • Default font size
  • Decrease font size


 

Buah Mengkudu

Buah Mengkudu (Morinda tinctoria; Morinda citrifolia) atau yang disebut juga dengan pace sudah lama dikenal dan digunakan oleh penduduk Polinesia dan kepulauan Carribean untuk mengatasi dan mengobati berbagai penyakit dan untuk menyehatkan badan. Mau tau apa saja khasiat dan kegunaan dari tanaman obat mengkudu ini? Ini yang akan dibahas dalam berita terkini kali ini.

Buah Mengkudu

Untuk memudahkan penggunaan dan menghilangkan rasa busuk, buah ini dapat dijadikan jus buah. Budidaya mengkudu telah menyebar ke berbagai negara karena sifat daya tahan biji mengkudu yang mudah terapung untuk masa yang lama.

Nama buah ini dikenal dengan nama yang berbeda-beda pada tiap negara, yaitu:

  •     Noni (Hawaii, Polinesia)
  •     Nono (Tahiti)
  •     Lada (Guam)
  •     Indian Mulberry (India)
  •     Painkiller tree (Kepulauan Caribbean)
  •     Nhau (Sebagian Asia Tenggara)
  •     Cheesefruit (Australia)
  •     Bumbo (Afrika)
  •     Kura (Fiji)

Pohon mengkudu dapat mencapai ketinggian hingga 35 kaki (10 meter) dengan bunga putih. Tanaman buah ini boleh dibilang istimewa, karena ia dapat berbunga sepanjang tahun dan menghasilkan buah dari musim ke musim.

Penelitian Mengkudu

Mengkudu mengandungi bahan “xeronine“. Perintis kajian mengkudu selama 45 tahun, Dr. Ralph M. Heninicke, Ahli Biokimia dari University of Hawaii, Amerika Serikat menemukan kompoun alkoloid “proxeronine” dalam buah mengkudu secara tidak sengaja ketika mengkaji enzime “bromelin” dalam buah nanas. Kandungan “proxeronine” dalam buah mengkudu adalah 800 kali dibanding yang terdapat dalam buah nanas.

Mengkudu mengandungi zat pencetus “xeronine” yang dipanggil sebagai “proxeronine” di samping terdapat enzim yang membantu “proxeronine” membentuk “xeronine”.

Kegunaan xeronine :

* Salah satu bahan penting bagi memacu pertumbuhan jaringan dalam tubuh badan manusia yang merupakan hasil interaksi bahan kimia antara proxeronine dan proxeronase.

* Interaksi dua bahan kimia proxeronine dan proxeronase bisa membantu membesarkan saluran pada usus kecil – sekaligus mempercepatkan penyerapan bahan nutrien ke dalam sistem pencernaan.

* Berfungsi untuk mengembalikan kesegaran tubuh dan ketahanan protein tubuh yang merupakan bahan awet muda.

* Mengkudu juga kaya dengan bahan antioksidan, yaitu bahan yang dapat membantu memperlambat proses penuaan. Biasanya buah mengkudu dipetik dan diperam di atas garam, atau di dalam beras. Bila telah masak dapat dimakan layaknya buah lainnya. Bahkan buah mengkudu dapat dicampur dengan gula untuk dimakan.

* Daun muda mengkudu dapat digunakan sebagai sayuran atau dimakan bersama dengan nasi. Kulitnya berguna untuk mengobati penyakit Malaria. Bunga mengkudu dapat digunakan untuk merawat penyakit mata. Akar mengkudu berguna untuk merawat hidung tersumbat dan pendarahan otak.

Manfaat Mengkudu

Beberapa manfaat dari tanaman obat mengkudu:

1. Melegakan penyakit sinus, asma, bronkitis dan ingus meleleh.

2. Meredakan perut kembung, gastritis, mencret, muntah-muntah, masalah keracunan makanan.

3. Menurunkan tekanan darah tinggi dan merendahkan kolesterol.

4. Meredakan kencing manis, sakit kepala, migraine, sakit ginjal.

5. Meredakan radang tenggorokan, sakit gusi, sakit gigi dan batuk. Ini mirip dengan jeruk nipis.

6. Meredakan bisul, luka.

7. Meredakan penyakit darah tinggi, betis kering bersisik, mengurangi penyakit batuk, penyakit kuning dan demam panas.

8. Bagi wanita yang baru melahirkan, daun mengkudu dapat digunakan untuk mengecilkan rahim. Caranya dengan membalut daun mengkudu itu dengan kain dan dipanaskan.

Pada poin yang terakhir inilah mengapa kandungan buah mengkudu digunakan untuk obat awet muda. Dapat pula dikombinasikan dengan khasiat pisang untuk mengontrol diet setelah melahirkan.

Perhatian: Buah mengkudu hanya membantu mengurangi atau meredakan penyakit di atas dan bukan menjamin menghilangkan penyakit tersebut.

Dari: oktavita.com

 Menyembuhkan Kanker, Tumor, Kista dan Sel-sel Ganas Lainnya
keladi tikus
 

Keladi  Tikus : memperbaiki sistem pertahanan tubuh sehingga sistem  pertahanan mampu menghancurkan sel-sel kanker,  menghambat pertumbuhan sel  kanker termasuk melawan duplikasi sel  ganas, mereduksi  radikal bebas penyebab kanker, dan menghambat akibat buruk dari kemoterapi (rambut rontok, mual dsb).

Saran: Konsumsi – Minum Keladi Tikus Segar (Jus Keladi Tikus) telah terbukti  lebih efektif dibandingkan dengan semua produk hasil olahannya (extrak maupun plus).  Untuk itu usahakan Anda membuat Jus Keladi Tikus sendiri. Karena lebih manjur dan tidak perlu mengeluarkan biaya (sebenarnya mudah didapatkan di banyak tempat yang tumbuh liar). Minumlah kapsul keladi tikus hanya bila tidak sempat membuat jus-nya saja. Selain itu keladi tikus tidak bisa dibuat jamu godog karena efektifitasnya akan turun drastic (hilang). Anda juga bisa budidaya sendiri dengan mudah

 

 

 

Free Logo Maker and Logo Design By LogoSnap.com
Logo Maker
Loading
free counters
Free counters

Website saya nilaiRp 40.88 Juta